Home » MINAT BACA DAN PERPUSTAKAAN

Agus Sutikno, Kepala Perpustakaan Universitas Riau

pt-1Persepsi seperti itu pernah saya alami saat mengajar dengan memberi tugas kepada mahasiswa. Alasan mahasiswa selalu kelasik yakni susah mencari buku, jurnal dan bahan perpustakaan sesuai dengan topik penugasan. Sehingga saya mempersepsikan bahwa mahasiswa malas untuk membaca dan mencari sumber informasi ilmiah sebagai bahan tugas kuliah.

Persepsi itu sirna saat saya mengelola perpustakaan. Ternyata mahasiswa bukannya malas tetapi kurang mendukungnya fasilitas perpustakaan yang ada. Semisal mencari buku sangat sulit, kondisi ruang koleksi dan baca yang tidak kondusif, layanan online bahan perpustakaan elektronik dan fasilitas yang mendukung menjadikan perpustakaan sebagai “pusat pembelajaran” tidak memadai. Oleh karenanya perpustakaan saat itu tidak dilirik oleh mahasiswa.

Beranjak dari persoalan tersebut, Perpustakaan UR mulai berbenah untuk menciptakan pelayanan yang terbaik bagi sivitas akademika. Berpijak mewujudkan perpustakaan sebagai pusat pembelajaran, maka kuncinya adalah peningkatan aksesibilitas mahasiswa dengan sumber informasi ilmiah dengan pelayanan prima. Hasilnya pada tahun 2013 Perpustakaan UR mendapat Akreditasi A dari Perpustakaan Nasional RI.

Selang hampir 4 tahun terakhir ini, nampak ternyata minat baca mahasiswa cukup siginifikan. Keadaan ini ditunjukkan dengan meningkatnya kunjungan mahasiswa ke perpustakaan mencapai rata-rata di atas 1.000 pengunjung setiap hari dan visitor website perpustakaan setiap harinya rata-rata di atas 2.000 visitor. Begitu pula dengan buku yang dipinjam dan pengembalian buku, yang menunjukkan sirkulasi bahan perpustakaan sangat dinamis.

Hasil suvei sederhana yang dilakukan Perpustakaan UR terhadap pengunjung perpustakaan, ternyata sekitar 70% mahasiswa datang ke perpustakaan atas kesadaran sendiri untuk menunjang studinya. Sementara sebanyak 25% memanfaatkan perpustakaan untuk mencari bahan pustaka menyelesaikan tugas kuliah (tugas dari dosen). Sebanyak 5% mahasiswa yang memanfaatkan perpustakaan untuk menyelesaikan tugas akhir dan ini setara dengan rata-rata jumlah mahasiswa UR yang sedang menyelesaikan tugas akhir setiap tahunnya.

Dari hasil survei sederhana tersebut memberikan indikasi meningkatnya kesadaran mahasiswa UR terhadap peranan penting perpustakaan. Namun, peranan dosen dalam mengarahkan mahasiswa untuk menjadikan perpustakaan sebagai pusat sumber informasi ilmiah belum optimal. Karena baru 25% mahasiswa memanfaatkan perpustakaan dalam menyelesaikan tugas kuliahnya. Jawaban mahasiswa sebagian besar bahwa tugas kuliah banyak yang tidak mensyaratkan jurnal-jurnal atau bahan perpustakaan lainnya.

Keadaan ini yang semestinya harus kita renungkan bersama bagi dosen dalam membangun minat baca mahasiswa untuk menciptakan iklim akademik yang baik. Kendatipun pengembangan perpustakaan ke arah lebih baik, apabila tidak didukung dengan peranan dosen untuk memanfaatkan perpustakaan terhadap mahasiswa, tentunya peran dan fungsi perpustakaan kurang optimal.

Oleh karenanya, sinergisitas semua komponen sisvitas akademika UR untuk membangun iklim akademik sangat diperlukan. Semoga ke depan, iklim akademik UR semakin baik sehingga fasilitas perpustakaan yang telah disediakan dimanfaatkan secara maksimal.

About

Lahir 19 Juli 1990 di yogyakarta. sekarang tinggal di Pekanbaru bekerja Sebagai Staff IT di perpustakaan Universitas Riau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini

IMG_1639 Upacara 17 Hari Bulan Januari 2017, Rektor UR Serahkan SK Kenaikan Pangkat ASN
OLYMPUS DIGITAL CAMERA Pekan Raya Biologi 2017, Wadah Implementasi Keilmuan
Jpeg Shalat Mencegah dari Perbuatan Keji dan Mungkar
IMG_1586 UR-ISDS Laksanakan Dialog Untuk Masyarakat Adat
IMG_20170105_110209 Universitas Riau dan BOB-BSP-Pertamina Hulu Jalin Kerjasama

Informasi

Cari berita pada tanggal

January 2017
S M T W T F S
« Dec    
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Pengunjung

Flag Counter
 

Arsip berita

Redaksi

Penasehat : Prof. Dr. Aras Mulyadi, DEA
Pengarah : Prof. Dr. Thamrin, M.Sc | Prof. Dr. Sujianto, M.Si | Dr. Syafrial, M.Pd | Prof. Dr. Mashadi, M.Si Penanggung Jawab : Ahyat, SE
Pimpinan Umum : Aurida Aman, S.Pd., M.Pd Pimpinan Redaksi : Rioni Imron, S.Sos., M.I.Kom
Koordinator Online : Agus Sutikno, SP., M.Si Data dan Informasi : M. Arsyad, S.kom., M.Si
Reporter :Retno Dewi | Mukmini Rahman, S.I.Kom | Wendi Kurniawan, S.I.Kom | Rabit Zanurman, S.I.Kom | Muhammad Rizqi, SE | Tika V Mutia, S.I.Kom., M.I.Kom | Turiman Publisher : Yasin Setiawan, S.Kom | Anton Yuliarto, S.Kom

Alamat Redaksi

URNews
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Pekanbaru 28293 Email: urnews@unri.ac.id
Website: www.urnews.unri.ac.id